Selasa, 23 Oktober 2012

Evaluasi Yang Harus Dilakukan Oleh Para Konsumen Sebelum Melakukan Pembelian Suatu Produk

Konsumen sebagai orang yang membuat keputusan secara rasional, harus mampu mengetahui semua alternative produk yang tersedia yang ditawarkan oleh para produsen. Sebelum membuat keputusan untuk melakukan pembelian terhadap suatu barang, tentu nya kita harus mengetahui seluk beluk dari produk tersebut terlebih dahulu. Setelah mengetahui detail dari produk tersebut, kita juga harus mengetahui manfaat yang akan kita peroleh setelah kita mengkonsumsi produk tersebut. Hal ini dilakukan agar kita mendapatkan kepuasan maksimal yang diharapkan ketika kita mengkonsumsi produk tersebut.

Berikut adalah hal-hal yang dapat mempengaruhi pilihan konsumen dalam menjatuhkan pilihan terhadap suatu produk :

1). Merek. Terkadang konsumen membeli sebuah produk hanya karena mereka percaya pada sebuah merek-merek ternama. Hal ini bisa disebabkan karena gengsi terhadap individu lain jika ia tidak menggunakan merek tersebut. Padahal rata-rata merek ternama memiliki harga yang relatif jauh lebih mahal dibandingkan dengan produk biasa (memiliki merek, tetapi tidak ternama), tetapi sama-sama memiliki manfaat yang hampir sama.

2). Pengaruh lingkungan dan gaya hidup. Lingkungan biasa nya memberikan pengaruh yang cukup besar pada konsumen. Seperti misalnya, sebuah keluarga sebelumnya hanya memiliki sebuah mobil pribadi untuk transportasi, akan tetapi karena ia tinggal di lingkungan kelas sosial yang tinggi, maka ia merasa memiliki satu mobil tidak cukup. Maka ia membeli sebuah atau bahkan (ada) yang membeli beberapa mobil untuk memenuhi kepuasan nya.

3). Marketing Strategy. Promosi yang dilakukan oleh para perusahaan dalam memasarkan produknya menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli produk tersebut. Promosi yang dilakukan secara gencar, biasanya akan merekrut ketertarikan konsumen untuk membeli produk tersebut.

Selain hal tersebut di atas, kita juga harus memiliki sudut pandang dan manfaat sebelum melakukan pembelian :

1). Sudut Pandang Ekonomi. Setiap konsumen memiliki pendapatan yang berbeda-beda. Sebelum melakukan pembelian, kita sebaiknya mempertimbangkan apakah barang tersebut memiliki cukup manfaat untuk dikonsumsi dan yang palin penting, produk yang akan kita beli tersebut harus sesuai dengan budget yang kita miliki. Seringkali konsumen memaksakan membeli barang di luar pendapatan yang dimiliki. Hal ini justru mengurangi jumlah kebutuhan yang harusnya kita penuhi. Misalnya kita memiliki 4 kebutuhan, yaitu produk A, produk B, produk C dan produk D. Produk A memiliki harga yang tinggi, kita memaksakan untuk membeli produk A.Hasilnya, kita tidak dapat mengkonsumsi produk B,C dan D karena pendapatan kita habis untuk membeli produk A.

2). Sudut Pandang Emosional. Banyak diantara kita yang membeli suatu produk karena hanya "ingin" memiliki produk tersebut tanpa mengetahui manfaatnya dan bahkan sebelumnya kita sudah memiliki produk tersebut dengan manfaat yang sama hanya berbeda bentuk atau merek.

Dengan mengetahui evaluasi yang telah saya deskripsikan tadi, semoga kita menjadi konsumen yang pintar dalam menentukan pembelian produk. Jangan membeli produk hanya karena mengikuti emosi, karena biasanya efek negatif dirasakan ketika kita telah membeli produk tersebut. Ketahuilah detail dari produk yang akan anda beli, agar anda mendapatkan kepuasan dan manfaat yang seeimbang dengan uang yang anda keluarkan untuk mengkonsumsi produk tersebut. Teliti sebelum membeli, karena pada saat ini banyak produsen yang tidak bertanggung jawab yang menipu konsumen untuk meraup keuntungan yang lebih banyak.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar